Perngabdian Kepada Masyarakat (Pemberdayaan Orang Tua Dalam Deteksi Tumbuh Kembang Anak dengan Disabilitas Pengelihatan)

Perngabdian Kepada Masyarakat

Pemberdayaan Orang Tua Dalam Deteksi Tumbuh Kembang Anak dengan Disabilitas Pengelihatan

Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan peserta AKADINI (Asosiasi Keluarga Anak Disabilitas Netra) Jogja pada Sabtu, 20 Juli 2024 di Laboratorium Keterampilan Medik Lt. 3 Gd. Imam Barnadib. Pengabdian masyarakat yang berjudul “Pemberdayaan Orang Tua Dalam Deteksi Tumbuh Kembang Anak dengan Disabilitas Pengelihatan” terdapat tiga fokus utama dalam kegiatan ini yaitu deteksi tumbuh kembang anak, perkembangan psikologi anak, dan cek kesehatan mata anak.

Kegiatan dimulai dengan pemeriksaan tumbuh kembang anak. Pemeriksaan tumbuh kembang anak dilakukan oleh Dr. dr. Atien Nur Chamidah, M.Dis.St. yang berkolaborasi dengan tim dari Laboratorium Pendidikan Luar Biasa FIPP UNY yang meliputi pemeriksaan tinggi badan, berat badan, dan tes Denver. Pemeriksaan kesehatan mata anak oleh dr. Karina Satyani Pratiwi, Sp.M. Wawancara mengenai akses layanan kesehatan untuk anak dengan disabilitas penglihatan oleh dr. Ayu Yunita Ratnaningrum, M.HKes. Capaian imunisasi oleh dr. Adika Zhulhi Arjana, M.Med.Sc., Sp.PK. Kegiatan berlanjut dengan sesi seminar mengenai perkembangan psikologi oleh ibu Elya Marfu'atun, M.Psi. dan tumbuh kembang anak oleh dr. Manusama Hasan Sabana, M.Med.Sc, Sp.A.

Hasil pemeriksaan dilakukan analisis dan disampaikan kembali kepada peserta, sehingga diharap dengan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peserta baik anak dan orang tua. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan serta kepercayaan diri orang tua dalam mengupayakan yang terbaik untuk tumbuh kembang anak dengan disabilitas netra.