Dies Natalis Ke-1 FK UNY

Tidak terasa, sudah setahun usia fakultas termuda di UNY, yakni Fakultas Kedokteran (FK UNY) merayakan Dies Natalis ke-1 pada Jumat (6/9). Peringatan Dies Natalis ini diselenggarakan di Aula lantai 7 Gedung Imam Barnadib, dihadiri oleh Rektor, para Wakil Rektor, Dekan, Direktur, dan anggota Rapim, serta seluruh keluarga Fakultas Kedokteran. Diawali dengan laporan yang disampaikan oleh Dekan FK UNY dr. Kartika Ratna Pertiwi, M.Biomed.Sc, Ph.D. tentang perjalanan sejarah berdirinya FK UNY. "Perjalanan pendirian fakultas ini sudah berjalan lama dan bertahap, dan pada tanggal 6 September 2023 ditandai dengan kick off oleh Ketua MWA UNY Prof. Suyanto, Ph.D. didampingi Rektor UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. AIFO dan para anggota Rapim tentang usulan pembukaan prodi Kedokteran, dan inilah sebagai tonggak berdirinya FK UNY yang kita rayakan sebagai Dies Natalis saat ini" pungkasnya.

Fakultas Kedokteran UNY diinisiasi oleh Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO. semenjak tahun 2007 dimana saat itu menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) periode pertama, dengan mendirikan Health and Sport Center (HSC UNY) dan diikuti dengan proses rekrutmen dokter di FIK yang sekarang bernama Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK). Diperkuat dengan Surat Keputusan Rektor bernomor 1.9/UN34/V/2023 tertanggal 9 Mei 2023 tentang pendirian Fakultas Kedokteran UNY. Visi FK UNY yakni menjadi pusat pengembangan keilmuan dan teknologi kedokteran yang unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Rektor UNY, Prof. Sumaryanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini prodi kedokteran di FK UNY telah menerima 56 mahasiswa baru di semester gasal tahun 2024/2025 melalui jalur Seleksi Mandiri dengan sebutan "Gen 1 FK UNY" dan berharap ke depannya semakin banyak dosen, laboran, untuk mendukung kelancaran perkuliahan dari FK UNY. "Terimakasih atas bantuan dan bimbingan dari Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman, njih Pak Dekan njih, yang selama ini selalu mendampingi FK UNY" Ucap Prof Sumaryanto sambil memandang ke arah tempat duduk Dekan FK Unsoed yang hadir di acara.

Selepas sambutan Rektor, dilanjutkan Orasi Ilmiah oleh Dekan FK Unsoed Dr. dr. M. Mukhlis Rudi Prihatno, M.Kes., M.Si.Med, Sp.An-KNA dengan tema "Tantangan dan peluang Pendidikan Kedokteran di Era Industrialisasi 4.0". MM Rudi menyampaikan bahwa saat ini sudah masuk dalam situasi yang terjadi di masa revolusi industri 4.0, yang ditandai dengan perpaduan dunia fisik, digital, dan biologis, telah mengubah berbagai industri secara dramatis, termasuk layanan kesehatan. Teknologi yang lain seperti robotika, dan pengobatan yang dipersonalisasi sedang membentuk kembali penyediaan layanan medis. "Saat kita bertransisi ke era ini, sistem layanan kesehatan berevolusi menuju model yang lebih efisien, tepat, dan berpusat pada pasien" imbuhnya.

Upacara diakhiri dengan pemberian cinderamata dari Dekan FK UNY kepada Dekan FK Unsoed dan disaksikan oleh Rektor UNY, dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.