KUNJUNGAN AUDIENSI FAKULTAS KEDOKTERAN UNY DENGAN FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UMY

Rombongan Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Yogyakarta (FK UNY) yang beranggotakan dr. Kartika Ratna Pertiwi, M.Biomed.Sc., Ph.D., Dr. dr. Atien Nur Chamidah, M.Dis.St., dan dr. Rizki Fajar Utami, M.Sc. diterima oleh Dr. dr. Sri Sundari, M.Kes. selaku dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKIK UMY). Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh koordinator program studi S1, dr. Nur Hayati, M.Med.Ed., Sp.Rad. serta koordinator program studi profesi, dr. Fitria Nurul Hidayah, Sp.Pd., M.Sc.

Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk memperkenalkan FK UNY sebagai fakultas kedokteran baru di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan melakukan diskusi serta sarasehan. Dalam kesempatan ini, kedua fakultas saling memperkenalkan program studi masing-masing, visi dan misi, keunggulan, pimpinan, serta unit kerja yang ada.

Sebagai fakultas kedokteran baru, FK UNY banyak mendapatkan masukan dan berbagi pengalaman dengan FKIK UMY yang telah berdiri sejak tahun 1993 yang memiliki penciri atau keunggulan dalam bidang kedokteran tropis, dengan pendekatan kolaborasi interprofesi yang berlandaskan nilai-nilai islam untuk kemaslahatan umat. Masukan dan berbagi pengalaman dengan FKIK UMY tersebut terkait pengelolaan mahasiswa, proses pembelajaran, dosen, kegiatan kemahasiswaan, dan penjaminan mutu yang terkait dengan akreditasi. Selain itu, FK UNY dan FKIK UMY nantinya akan menggunakan rumah sakit yang sama yakni RS Panembahan Senopati Bantul sebagai salah satu tempat praktik mahasiswa (koas) dalam tahap pendidikan profesi. Kedua fakultas berupaya untuk menyamakan persepsi dan bersinergi dalam pengelolaan pembelajaran mahasiswa koas di masa depan.

Pertemuan ini menjadi langkah awal untuk menyamakan persepsi dan membangun sinergi dalam pembelajaran tingkat profesi di masa mendatang.